Wednesday, July 8, 2020

INDEX NEWS UPDATE - Inilah Grafik Harga Emas, Antam Tidak Selalu Naik



PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Apakah Anda punya investasi emas? Kemungkinan besar ya. Dianggap paling aman, safe-heaven, emas menjadi investasi pilihan.  Harga emas diyakini tidak akan turun. Namun, apakah betul grafik harga emas tidak pernah turun 2019 2020.

Data historis menunjukkan fakta bahwa harga emas tidak selalu meningkat.

Menurut survei terbaru majalah Swa edisi Oktober 2013, emas adalah pilihan investasi utama. Sekitar 50% kelas menengah yang di survei  menempatkan investasinya dalam bentuk emas. Jauh meninggalkan instrumen investasi lainnya.

Ketika  ditanya  pertimbangan memilih investasi, kelas menengah yang di survei berpendapat investasi seharusnya dilakukan pada instrumen yang risikonya rendah. Rupanya, emas dipandang memiliki risiko lebih rendah diantara instrumen lainnya, sehingga menjadi pilihan utama.

Ini pandangan yang umum di masyarakat mengenai emas. Kalau membaca berbagai buku soal investasi emas, semuanya pasti merujuk pada sejarah harga emas yang selalu meningkat. Tidak pernah ada yang menjelaskan, atau bahkan menunjukkan, bahwa harga emas pernah turun. Semuanya bullish atau positif mengenai trend harga emas. Simak bagaimana cara melakukan investasi emas di artikel ini.

BACA JUGA : PT Rifan - Inilah Harga Sapi 1 Ton yang Dibeli Jokowi untuk Kurban

Untuk bisa akurat sebaiknya melihat perkembangan sejarah harga emas. Bukan hanya melihat beberapa tahun ke belakang, atau bahkan puluhan tahun, namun sejauh mungkin ke belakang selama data tersedia. Untungnya, data harga emas dunia sejak tahun 1800-an sampai sekarang 2013 ada dan bisa diakses.

Grafik Harga Emas Dunia

Berdasarkan data dari Kitco, trend harga emas dunia bisa diplot dari tahun 1833 sampai 2013. Harga dalam US$ per Ounce. Sejatinya, harga emas dunia ditentukan setiap akhir hari, yang kemudian di rata – rata untuk mendapatkan harga tahunan.



asilnya disajikan dalam grafik diatas yang menunjukkan beberapa temuan menarik.

Sebelum 1970, harga emas cenderung stabil, tidak banyak berfluktuasi. Namun, setelah 1970, harga emas berfluktuasi dengan tajam sampai sekarang.

Setelah mencapai puncak di era 1980-an di harga US$600, harga emas merosot sampai posisi terendah di tahun 2000 pada US$271. Setelah itu, harga emas naik terus, tidak terbendung lagi. Puncaknya adalah harga emas tahun 2012 pada tingkat US$1,600-an. Harga sudah naik 700% hanya dalam waktu 12 tahun terakhir.

Yang luar biasa, trend kenaikkan itu tidak pernah berhenti selama periode 12 tahun tersebut. Setiap tahun harganya pasti lebih tinggi dari harga tahun sebelumnya. Itu sebabnya, jika ada yang melihat trend harga emas beberapa tahun ke belakang saja, hasilnya pasti menunjukkan harga yang naik luar biasa.

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Why

No comments:

Post a Comment